Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) pada Anak




Tiap anak itu unik. Tiap anak punya bakatnya masing-masing. Tugas orang tua adalah mengarahkan bakat alami tersebut di jalur yang benar, dan tentunya harus tetap sesuai syariat Allah. 
Semoga bermanfaat.
Beberapa kecerdasan-jamak pada Anak:
  1. Kecerdasan linguistik.
  2. Kecerdasan logika matematis.
  3. Kecerdasan ruang.
  4. Kecerdasan tubuh fisik.
  5. Kecerdasan interpersonal.
  6. Kecerdasan dalam diri.
  7. Kecerdasan alam.

Kecerdasan linguistik pada anak:
  • Anak saya senang bercerita tentang pengalamannya.
  • Anak saya menyukai permainan kata-kata.
  • Anak saya senang menulis.
  • Anak saya mempunyai ingatan yang baik terhadap nama-nama, tempat, tanggal, atau janji.
  • Anak saya senang membaca buku.
  • Anak saya suka mengeja kata-kata secara akurat.
  • Anak saya suka berpuisi atau mengarang cerita.
  • Anak saya suka mendengar kata-kata lisan (cerita, komentar-komentar, radio, atau buku cerita).
  • Anak saya mempunyai kosa kata yang baik untuk seusianya.
  • Anak saya suka mengajak bicara dengan orang lain.

Kecerdasan logika matematis pada anak:
  • Anak saya banyak menanyakan bagaimana cara kerja sesuatu.
  • Anak saya melakukan perhitungan yang cepat dalam kepalanya.
  • Anak saya suka pelajaran berhitung (matematika).
  • Anak saya suka permainan angka.
  • Anak saya suka bermain ular-tangga.
  • Anak saya suka mengerjakan teka-teki atau permainan asah otak.
  • Anak saya merapikan barang-barang sesuai dengan tempatnya.
  • Anak saya suka mengamati sesuatu hal dan suka melakukan percobaan.
  • Anak saya menyukai tantangan mengerjakan sesuatu yang sulit.
  • Anak saya mempunyai penalaran yang baik.

Kecerdasan ruang pada anak:
  • Anak saya menunjukkan gambar visual yang sangat baik.
  • Anak saya suka membaca peta atau gambar diagram lebih baik daripada teks.
  • Anak saya lebih banyak melamun daripada kawannya.
  • Anak saya menyukai kegiatan seni.
  • Anak saya suka membuat gambar-gambar yang lebih maju untuk usianya.
  • Anak saya suka menonton slide dan presentasi visual.
  • Anak saya suka mengerjakan puzzle, maze, atau aktivitas visual yang lain.
  • Anak saya mempunyai ketertarikan terhadap bangunan tiga dimensi.
  • Anak saya lebih banyak memperoleh masukan dari gambar-gambar daripada kata-kata waktu membaca.
  • Anak saya suka mencorat-coret pada buku kerja, lembar kerja, atau bahan-bahan lainnya.

Kecerdasan tubuh (fisik) pada anak:
  • Anak saya lebih baik dalam satu atau lebih dari suatu olah raga.
  • Anak saya bergerak-gerak atau tidak tenang kalau disuruh duduk diam terlalu lama di suatu tempat.
  • Anak saya secara pintar mengikuti gestur, gerak-gerik, atau
    santun orang lain.
  • Anak saya suka membuka barang-barang dan memasangnya
    kembali.
  • Anak saya menaruh tangannya di atas sesuatu yang dia lihat.
  • Anak saya suka berlari, melompat, bergulat, atau melakukan aktivitas-aktivitas yang mirip (atau bila berusia lebih tua, ia menunjukkannya secara lebih tertahan, seperti memukul teman, berlari ke kelas, atau melompati kursi).
  • Anak saya menunjukkan keahlian dalam suatu karya (kayu, menjahit, atau mekanik) atau menunjukkan koordinasi motorik halus dalam cara-cara lainnya.
  • Anak saya mempunyai cara yang dramatis dalam mengekspresikan dirinya.
  • Anak saya melaporkan sensasi-sensasi fisik yang berbeda ketika berpikir atau bekerja.
  • Anak saya suka bekerja dengan lilin (plastisin) mainan atau pengalaman-pengalaman sentuhan.

Kecerdasan interpersonal pada anak:
  • Anak saya suka bersosialisasi dengan kawan-kawan.
  • Anak saya tampil sebagai seorang pemimpin yang alami.
  • Anak saya suka memberi nasihat kepada kawan-kawan yang mengalami masalah.
  • Anak saya kelihatan mengenal lingkungan tempat tinggal dengan baik.
  • Anak saya suka bergabung dalam klub-klub, komite, atau organisasi-organisasi lainnya.
  • Anak saya suka mengajar anak-anak lain secara informal.
  • Anak saya suka bermain permainan bersama anak-anak lainnya.
  • Anak saya mempunyai dua teman dekat atau lebih.
  • Anak saya mempunyai empati atau perhatian yang baik terhadap orang lain.
  • Anak saya orang lain mencari keberadaannya.

Kecerdasan-dalam-diri pada anak:
  • Anak saya suka menunjukkan sifat independen atau niat yang kuat.
  • Anak saya mempunyai pandangan yang realistis terhadap kekuatan-kekuatan dan kelemahan dirinya.
  • Anak saya bekerja baik bila dibiarkan bekerja atau belajar sendiri.
  • Anak saya berjalan dalam irama yang berbeda dalam pola hidup atau belajar.
  • Anak saya mempunyai suatu ketertarikan atau hobi yang jarang ia bicarakan.
  • Anak mempunyai arah pribadi yang baik.
  • Anak saya lebih suka bekerja sendiri daripada dengan orang lain.
  • Anak saya akurat mengekspresikan perasaannya.
  • Anak saya mampu belajar dari keberhasilan atau kegagalan masa lalunya.
  • Anak saya mempunyai self-esteem yang tinggi (percaya diri).

Kecerdasan alam pada anak:
  • Anak saya senang mengkategorikan barang-barang sesuai ciri umumnya.
  • Anak saya suka mendaki gunung atau berkemah.
  • Anak saya menikmati kegiatan berkebun.
  • Anak saya mengatur benda-benda dalam urutan merupakan hal yang masuk akal.
  • Anak saya menyukai hewan-hewan.
  • Anak saya suka mempelajari tentang hewan, gunung, bebatuan, atau tanaman.
  • Anak saya suka menghabiskan banyak waktu pada kegiatan luar rumah.
***
Sumber: Kumpulan beberapa materi Diklat PAUD yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kab. Bantul tahun 2009. (ummiummi.com)

Comments

Popular Posts