Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligence) pada Anak
Tiap anak
itu unik. Tiap anak punya bakatnya masing-masing. Tugas orang tua adalah
mengarahkan bakat alami tersebut di jalur yang benar, dan tentunya harus tetap
sesuai syariat Allah.
Semoga bermanfaat.
Semoga bermanfaat.
Beberapa
kecerdasan-jamak pada Anak:
- Kecerdasan linguistik.
- Kecerdasan logika matematis.
- Kecerdasan ruang.
- Kecerdasan tubuh fisik.
- Kecerdasan interpersonal.
- Kecerdasan dalam diri.
- Kecerdasan alam.
Kecerdasan
linguistik pada anak:
- Anak saya senang bercerita tentang pengalamannya.
- Anak saya menyukai permainan kata-kata.
- Anak saya senang menulis.
- Anak saya mempunyai ingatan yang baik terhadap nama-nama, tempat, tanggal, atau janji.
- Anak saya senang membaca buku.
- Anak saya suka mengeja kata-kata secara akurat.
- Anak saya suka berpuisi atau mengarang cerita.
- Anak saya suka mendengar kata-kata lisan (cerita, komentar-komentar, radio, atau buku cerita).
- Anak saya mempunyai kosa kata yang baik untuk seusianya.
- Anak saya suka mengajak bicara dengan orang lain.
Kecerdasan
logika matematis pada anak:
- Anak saya banyak menanyakan bagaimana cara kerja sesuatu.
- Anak saya melakukan perhitungan yang cepat dalam kepalanya.
- Anak saya suka pelajaran berhitung (matematika).
- Anak saya suka permainan angka.
- Anak saya suka bermain ular-tangga.
- Anak saya suka mengerjakan teka-teki atau permainan asah otak.
- Anak saya merapikan barang-barang sesuai dengan tempatnya.
- Anak saya suka mengamati sesuatu hal dan suka melakukan percobaan.
- Anak saya menyukai tantangan mengerjakan sesuatu yang sulit.
- Anak saya mempunyai penalaran yang baik.
Kecerdasan
ruang pada anak:
- Anak saya menunjukkan gambar visual yang sangat baik.
- Anak saya suka membaca peta atau gambar diagram lebih baik daripada teks.
- Anak saya lebih banyak melamun daripada kawannya.
- Anak saya menyukai kegiatan seni.
- Anak saya suka membuat gambar-gambar yang lebih maju untuk usianya.
- Anak saya suka menonton slide dan presentasi visual.
- Anak saya suka mengerjakan puzzle, maze, atau aktivitas visual yang lain.
- Anak saya mempunyai ketertarikan terhadap bangunan tiga dimensi.
- Anak saya lebih banyak memperoleh masukan dari gambar-gambar daripada kata-kata waktu membaca.
- Anak saya suka mencorat-coret pada buku kerja, lembar kerja, atau bahan-bahan lainnya.
Kecerdasan
tubuh (fisik) pada anak:
- Anak saya lebih baik dalam satu atau lebih dari suatu olah raga.
- Anak saya bergerak-gerak atau tidak tenang kalau disuruh duduk diam terlalu lama di suatu tempat.
- Anak saya secara pintar
mengikuti gestur, gerak-gerik, atau
santun orang lain. - Anak saya suka membuka
barang-barang dan memasangnya
kembali. - Anak saya menaruh tangannya di atas sesuatu yang dia lihat.
- Anak saya suka berlari, melompat, bergulat, atau melakukan aktivitas-aktivitas yang mirip (atau bila berusia lebih tua, ia menunjukkannya secara lebih tertahan, seperti memukul teman, berlari ke kelas, atau melompati kursi).
- Anak saya menunjukkan keahlian dalam suatu karya (kayu, menjahit, atau mekanik) atau menunjukkan koordinasi motorik halus dalam cara-cara lainnya.
- Anak saya mempunyai cara yang dramatis dalam mengekspresikan dirinya.
- Anak saya melaporkan sensasi-sensasi fisik yang berbeda ketika berpikir atau bekerja.
- Anak saya suka bekerja dengan lilin (plastisin) mainan atau pengalaman-pengalaman sentuhan.
Kecerdasan
interpersonal pada anak:
- Anak saya suka bersosialisasi dengan kawan-kawan.
- Anak saya tampil sebagai seorang pemimpin yang alami.
- Anak saya suka memberi nasihat kepada kawan-kawan yang mengalami masalah.
- Anak saya kelihatan mengenal lingkungan tempat tinggal dengan baik.
- Anak saya suka bergabung dalam klub-klub, komite, atau organisasi-organisasi lainnya.
- Anak saya suka mengajar anak-anak lain secara informal.
- Anak saya suka bermain permainan bersama anak-anak lainnya.
- Anak saya mempunyai dua teman dekat atau lebih.
- Anak saya mempunyai empati atau perhatian yang baik terhadap orang lain.
- Anak saya orang lain mencari keberadaannya.
Kecerdasan-dalam-diri
pada anak:
- Anak saya suka menunjukkan sifat independen atau niat yang kuat.
- Anak saya mempunyai pandangan yang realistis terhadap kekuatan-kekuatan dan kelemahan dirinya.
- Anak saya bekerja baik bila dibiarkan bekerja atau belajar sendiri.
- Anak saya berjalan dalam irama yang berbeda dalam pola hidup atau belajar.
- Anak saya mempunyai suatu ketertarikan atau hobi yang jarang ia bicarakan.
- Anak mempunyai arah pribadi yang baik.
- Anak saya lebih suka bekerja sendiri daripada dengan orang lain.
- Anak saya akurat mengekspresikan perasaannya.
- Anak saya mampu belajar dari keberhasilan atau kegagalan masa lalunya.
- Anak saya mempunyai self-esteem yang tinggi (percaya diri).
Kecerdasan
alam pada anak:
- Anak saya senang mengkategorikan barang-barang sesuai ciri umumnya.
- Anak saya suka mendaki gunung atau berkemah.
- Anak saya menikmati kegiatan berkebun.
- Anak saya mengatur benda-benda dalam urutan merupakan hal yang masuk akal.
- Anak saya menyukai hewan-hewan.
- Anak saya suka mempelajari tentang hewan, gunung, bebatuan, atau tanaman.
- Anak saya suka menghabiskan banyak waktu pada kegiatan luar rumah.
***
Sumber:
Kumpulan beberapa materi Diklat PAUD yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kab.
Bantul tahun 2009. (ummiummi.com)
Comments
Post a Comment