Berkunjung ke Museum Monumen Perjuangan Rakyat

Sudah pernah melewati monpera? Bisa dikatakan yang tinggal di kota Palembang kemungkinan terbesar jawabannya adalah iya! Posisi monpera yang terletak di pusat kota, dekat dengan Mesjid Agung, air mancur, kantor pos, dan Anpera sebagai ikon dari kota Palembang, rasanya sangat mustahil jika warganya berkata belum pernah melewati monpera. Tapi...,jika ditanya apakah mereka sudah masuk ke museum monpera? Jawabannya bisa beragam. Tidak pernah, tidak minat, kapan-kapan saja, atau pernah berkunjung dulu sekali saat masih sekolah karena merupakan salah satu kegiatan sekolah. Lantas bagaimana dengan yang benar-benar niat banget? Mungkin bisa dihitung dengan jari. Dan kami adalah salah satunya. Lhoo?

Yup! Kami memang sengaja menyempatkan waktu berkunjung ke monpera. Ada nilai sejarah dan perjuangan dari gambar-gambar, beberapa benda peninggalan dan bangunannya. Monpera adalah saksi bangunan bagaimana perjuangan rakyat sumbagsel melakukan perjuangan selama 5 hari 5 malam akibat penyerangan penjajah Belanda yang menghancurkan 1/5 bagian kota Palembang.


Ringkasan perang 5 hari 5 malam (gambar 1-dokumentasi ptibadi)


Ringkasan perang 5 hari 5 malam (gambar 2-dokumentasi pribadi)

Monpera terletak di jalan merdeka.







Museum monpera memiliki 8 lantai dengan lantai 1-6 terdapat lukisan, gambar, barang peninggalan dan patung yang dipahat menyerupai tokoh pejuang. Di lantai 7 lantainya terbuat dari besi dengan ukuran lebih kecil untuk menuju ke lantai 8. Sementara di lantai 8 bentuk tangga kayu yang menempel di dinding menuju keluar seperti kita keluar dari mulut tank. Di lantai teratas di luar, kita dapat melihat pemandangan pusat kota Palembang.



Biaya masuk yang terjangkau, hanya 5ribu rupiah, kita sudah mendapatkan nuansa dan ilmu sejarah yang berkesan.










Gambar suasana di dalam museum.

Penasaran? Jangan hanya sekedar browsing mencari informasinya, yuuk rasakan sensasi wisata sejarah di palembang, salah satunya dengan mengunjungi monpera😉

Comments

Post a Comment

Popular Posts