Hidroponik itu asik lhoo...

Institut Ibu-ibu profesional Palembang mengadakan kegiatan mengenal hidroponik pada tanggal 26 November 2017. Kegiatan ini diadakan bukan hanya untuk ibu-ibu, tapi bisa juga mengenalkan kepada anak-anak agar lebih mencintai tanaman dengan cara yang berbeda.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Hidroponik juga dapat menghemat tempat
Semua hal mengenai penjelasan hidroponik bisa dilihat Di sini

Hari itu hanya umi dan akemi yang berkunjung ke rumah hidroponik bersama iip palembang yang beralamatkan di sungai bendung sekip palembang. Kali ini umi tidak bersama altair, karena altair memiliki kegiatan lain bersama teman-teman di komunitas playdate.

Rupanya akemi tertarik dengan tanaman-tanaman tersebut. Memang jika umi bertanam, akemi sering ikut meremas tanah, memegang tanaman, dan memainkan sekop. Kali ini tatapan matanya terpana melihat tanaman yang ukurannya melebihi genggaman tangan kecilnya.



Akemi dan anak-anak lain diberi kesempatan memanen sayuran hasil hidroponik. Meskipun proses penjelasan memakan waktu cukup panjang untuk usia akemi, akemi dapat bertahan dan terus memandang sekeliling melihat tanaman-tanaman yang tumbuh subur tidak di tanah. Akemi terlihat tertarik dan tidak ingin melepas hasil panennya. Hingga waktu pertemuan berakhir, dan kami pulang membawa hasil panen.



Pengalaman singkat akemi melihat tanaman tumbuh subur di dalam paralon dengan media air, tentu menjadi pengalaman tersendiri saat ini, nanti dan seterusnya. Insyaa Allah...

Comments

Popular Posts